Kamis, 29 Juli 2010
Install Pixma IP 1980 di Linux Fedora 12
Kemarin itu aku ke sekretariat Aceh Blogger, soalnya tengku Wan sedang kebingungan. Dia meminjam laptopku untuk mengerjakan tugas-tugasnya, kebetulan laptop ini aku install full Linux dengan Distro Fedora 12.

Dia kebingungan karena berbeda dengan Distro sebelumnya yang aku install di laptop ini. Kemarin aku menggunakan distro Ubuntu 9.10 sekarang aku beralih ke Fedora 12.

Di laptop Fedora ini, secara default Open Office tidak terinstall. Jadi ya terpaksa aku installkan Open Office.

yum groupinstall Office/Productivity

Menunggu sebentar akhirnya selesai semuanya diinstall. Tetapi problem berikutnya muncul, yaitu menghubungkan laptop Fedora ini dengan printer Canon Pixma IP 1980 yang ada di sekret Aceh Blogger.

Waktu kucolokkan kabel usb printer ke laptop ternyata tidak mau. Katanya driver tidak tersedia. Akhirnya setelah mengubek-ubek google ketemulah solusinya.

Pertama matikan printer dan copot kabel usb-nya dari komputer

Selanjutnya download dulu drivernya di http://rapidshare.com/files/331321004/iP1900_RPM_printer.tar

wget -c http://rapidshare.com/files/331321004/iP1900_RPM_printer.tar

Extract file yang sudah kita download

tar xvf iP1900_RPM_printer.tar

jalankan perintah su - untuk mengubah diri menjadi root

[baiquni@localhost ~]$ su -
Password:

Setelah itu kita install, common driver tersebut

rpm -ivh cnijfilter-common-3.00-1.i386.rpm

Setelah selesai baru install drivernya

rpm -ivh cnijfilter-ip1900series-3.00-1.i386.rpm

SELESAI. Printer Pixma IP 1980 siap digunakan !!!
posted by admin @ 13.57  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
About Me


Name: admin
Home:
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Template by
Blogger Templates